Sabtu, 12 November 2011

AWAS ADA VIRUS MENYEBAR DI FACEBOOK CHAT!


"Waw! ada virus lewat facebook... sebelumnya saya telah mendapat informasi tentang virus semacam ini, jadi ketika si virus menyajikan link lewat chat dari tman saya, saya tidak meng-kliknya. Virus ini menyebar lewat akun facebook pc yang terinfeksi, tanpa di ketahui oleh pemilik akun fb, virus ini mengirimkan chat ke teman2nya, dan ketika teman yang menerima link itu mengkliknya.. Gotcha! bertambah lagi pc yang terinfeksi."
Link tertulis seperti link ke gambar. JIka anda kurang hati-hati dan mengklik link tersebut maka kemungkinan besar komputer anda akan tertulari virus tersebut.


Perusahaan keamanan Vaksincom mendeteksi virus ini sebagai W32/Kolab.xx (Trojan.Click1.xxxx). Menurut Adi Saputra, analis dari Vaksincom, tercatat sudah puluhan varian sejak Agustus yang terdeteksi. Salah satunya bahkan tidak dapat terdeteksi oleh hampir semua antivirus ternama.

Saya mengambil 5 cara penangkalan virus tsb dari http://akhdian.net/2011/09/22/lima-cara-menangkal-virus-chat-facebook/
cara-cara itu:::


  1. Hindari melakukan klik pada link yang dikirim pada Anda, baik melalui pesan chat Facebook atau status.
  2. Beritahukan pada teman Anda, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera lakukan update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.
  3. Jangan melakukan copy link atau melakukan pemberitahuan disertai link tersebut, karena dengan begitu Anda justru ikut menyebarkan link yang mengandung virus tersebut.
  4. Jangan meninggalkan Facebook Anda dalam keadaan aktif/login, sebaiknya logout dulu hingga Anda kembali.
  5. Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada saat login Facebook, hal ini agar akun Anda tidak mudah diakses oleh orang lain di sekitar Anda
Beberapa cara yang mungkin bisa anda lakukan setelah terinfeksi:

  1. Coba pakai antivirus ternama seperti: Avira atau AVG atau yang lainnya, 
  2. Update databasenya ke yang paling baru.
  3. Scan Komputer kamu dengan antivirus yang kamu pakai
  4. Kalau antivirus internasional tidak bisa mendeteksi virus tersebut, coba gunakan antivirus lokal: PCMAV atau  SMADAV ataupun ARTAV

0 comments:

Posting Komentar

Your Comment is So Valuable for Me
Komentar anda begitu berharga bagi saya ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Plipeo