Jumat, 11 November 2011

TES KEPRIBADIAN: Koleris, Melankolis, Sanguinis dan Plegmatis



saya lagi senang2nya membahas tentang kepribadian ^^ ini saya sajikan tes serta penjelasannya:

Petunjuk : berikan nilai mulai dari angka 4 (untuk gambaran yang paling mendekati) sampai ke angka 1 (untuk gambaran yang paling tidak mendekati) pada setiap soal untuk menjelaskan karakter dan perilaku Anda

----------- contoh ----------

dari setiap no. soal, kasi point untuk a, b, c, d

4 untuk "sangat pas"
3 untuk "pas"
2 untuk "sedikit pas"
1 untuk "sangat sedikit pas"

EXAMPLE===

no. 1 -> a = 4, b =2, c= 3, d =1
no. 2 -> a = 3 b=1 c=4 d=2
dst sampe
no. 8

--------------------------------



1


a. ____ Saya memiliki kemauan yang sangat kuat dan keras kepala. Saya akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang Saya inginkan.
b. ____ Saya tidak pernah santai/rileks. Saya selalu ingin bekerja walaupun waktunya sudah selesai
c. ____ Saya lebih sering menunjukkan perilaku yang menyenangkan. Saya lebih banyak tertawa dan tersenyum daripada berwajah muram
d. ____ Saya jika pertama kali bertemu dengan orang yang asing, biasanya Saya akan merasa agak sungkan. Saya lambat menerima orang baru. Mula-mula saya akan menarik diri dan kemudian akan menyesuaikan diri dengan perlahan-lahan



2

a. ____ Saya bertindak dengan cepat dan mandiri dan suka mengerjakan sesuatu sendiri
b. ____ Saya menunjukkan perubahan emosi yang jelas. Saya bertindak berdasarkan perasaannya dan memiliki bakat untuk mengerjakan sesuatu dengan dramatis
c. ____ Saya sering tampak tenang dan ramah. Saya umumnya memiliki reaksi yang tenang dan lembut terhadap suatu keadaan
d. ____ Saya menyukai privasi dan kadang kala menyendiri dan jarang bergaul

3

a. ____ Saya umumnya tidak memberikan tanggapan yang berlebihan atas kasih sayang yang ditujukan kepada Saya
b. ____ Saya umumnya optimis dan antusias dalam dalam hampir setiap situasi
c. ____ Saya kurang aktif dalam mencoba hal-hal baru dan biasanya lebih suka melakukan hal yang telah saya ketahui dan saya kenal
d. ____ Saya mengajukan banyak pertanyaan dan lebih suka memikirkan sesuatu secara mendalam sebelum mengambil keputusan

4

a. ____ Saya seringkali sangat aktif. Saya suka menjelajah mencoba hal baru, dan suka mengambil risiko
b. ____ Saya mudah bergaul dengan orang dan suka berada di keramaian
c. ____ Saya mudah bekerjasama dengan orang lain dan biasanya mudah cocok dengan orang lain
d. ____ Saya seringkali mengambil suatu pendekatan yang berhati-hati terhadap suatu hal atau keadaan yang baru

5

a. ____ Saya terkadang sulit dipimpin dan sangat memilih terhadap siapa saya akan mengikuti
b. ____ Saya kerap berpindah dari suatu kegiatan ke kegiatan lain, sering tanpa menyelesaikan kegiatan itu.
c. ____ Saya terkadang segera menyerah bila mendapat tekanan dan mungkin meniru perilaku, aturan dan sifat orang lain secara berlebihan
d. ____ Level kegiatan fisik (tingkat aktivitas) Saya biasanya terlihat rendah atau rata-rata

6

a. ____ Saya mudah marah dan memaksa untuk bisa mendapatkan yang Saya inginkan
b. ____ Saya tampil kurang rapi, berantakan, dan/atau pelupa bila diminta mengerjakan sesuatu
c. ____ Saya mengalami kesulitan untuk bisa menerima perubahan yang bersifat mendadak. Saya bisa bersikeras untuk mempertahankan keadaan agar tidak berubah. Saya menginginkan segalanya tenang dan damai
d. ____ Emosi Saya umumnya terlihat lembut sehingga reaksi awalnya (yang tampak/eksternal) terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan adalah dengan berdiam diri dan terkendali. Reaksi internalnya jauh lebih kuat.

7

a. ____ Saya sangat menyukai persaingan
b. ____ Saya sangat peduli dengan apa yang dikerjakan oleh orang lain
c. ____ Saya tidak suka berkelahi dan menghindari pertentangan
d. ____ Saya sering terlihat serius dan/atau sedih

8

a. ____ Saya mengatakan apa yang saya pikirkan dan memberi tahu apa yang Saya inginkan. Saya bisa sangat kasar dalam mengatakan pada orang lain tentang siapa atau apa yang tidak Saya suka
b. ____ Saya sangat gemar bercerita. Saya sangat suka menceritakan kepada orang lain mengenai prestasi Saya dan kawan-kawan Saya. Saya bisa agak manipulatif dengan kemampuan Saya meyakinkan orang lain untuk melakukan apa yang Saya inginkan.
c. ____ Saya biasanya lebih banyak mendengarkan daripada berbicara
d. ____ Saya mengajukan banyak pertanyaan (sering yang rumit) mengenai hal-hal yang khusus dan meminta penjelasan atau jawaban yang detail atas pertanyaan Saya.

=> kemudian jumlahkan semua nilai untuk a, b, c dan d (di total)

Keterangan Nilai:
a = Koleris
b = Sanguinis
c = Plegmatis
d = Melankolis

2 nilai yang paling banyak adalah kombinasi karakter anda, sedangkan yang paling banyak adalah karakter dominan.

Termasuk kelompok manakah Anda?
(**perlu lebih banyak ciri seputar sifat2 masing kepribadian? klik disini)
1. Koleris

Ciri Umum : cenderung untuk berpikiran keras dan percaya diri; mudah bosan dengan terlalu banyak hal yang bersifat detail; menyukai ide yang baru dan inovatif

Kekuatan :
keinginan sangat kuat, sangat yakin pada kemampuan diri, sangat mandiri, tidak suka diperintah orang lain, suka memberikan perintah, jika menjadi pemimpin paling tidak suka orang yang plinplan, banyak bicara, tetapi tidak produktif


Kelemahan
: jika kelebihan digunakan berlebihan, sering terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaannya, terkadang kurang bijaksana, kalau sudah marah bisa sangat kasar (sarkastis), dapat menghancurkan orang lain hanya dengan kata-kata, penuh temperamen, mudah marah dan mudah memaafkan orang lain, bisa juga mudah melupakan kemarahannya.


2. Sanguin

Ciri Umum :
sangat mudah bergaul, people-oriented, kurang perhatian dengan yang detail dan cepat, bosan dengan yang detail; suka bersenang-senang dan banyak bicara

Kekuatan : dapat bersahabat dengan siapa saja, sangat peduli dengan orang lain, tampak tidak memiliki beban, selalu terlihat gembira dan bahagia, sangat menyenangkan untuk dijadikan kawan

Kelemahan : sering tidak disiplin dan tidak menepati janji, rentang fokus pendek, sulit untuk mendengarkan orang lain, terlihat tidak stabil dan tidak disiplin, cenderung membesar-besarkan sesuatu, cenderung bertindak sebelum berpikir dan terkadang kurang tegas sehingga sering diperalat orang lain


3. Phlegmatis

Ciri Umum : sangat dapat diandalkan tetapi membutuhkan lebih banyak rasa percaya diri, jika ditempatkan di posisi baru akan sangat mudah down, terlalu mudah menerima kata "tidak", anda perlu sedikit lebih memaksa

Kekuatan : mudah bergaul dan dapat diandalkan, teratur, efisien, menyukai rutinitas, praktis, tidak suka kejutan, konservatif, tipe diplomat, dapat melihat dari berbagai sudut pandang orang lain, bisa sangat sabar dan sangat humoris, bisa menjadi pemimpin hebat yang disenangi bawahan

Kelemahan : bisa sangat takut dengan hal baru yang belum dikenal, bisa sangat plinplan, tipe penonton - kurang inisiatif dan kurang aktif, lebih suka di belakang layar, kadangkala kurang bersemangat dan diam, jika tidak diberi penghargaan dan pengarahan maka mereka menjadi frustasi dan menyerah.

4. Melankolis

Ciri Umum : rapi dan efisien, lebih suka hal yang terencana daripada yang spontan, suka berpegang teguh pada ide/produk yang telah terbukti berhasil, berorientasi pada data,fakta, dan angka, serta lebih menggunakan alasan daripada emosi

Kekuatan :
sangat berbakat dan cerdas, penemu/pengembang gagasan
sangat analitis, perfeksionis dan idealis, tak kenal lelah menghasilkan pekerjaan yang baik, dan tekun dalam mengejar cita-citanya

Kelemahan :
sering terpusat pada diri mereka sendiri, sering murung/berubah-ubah temperamennya, dikenal dengan sebutan "pencari kesalahan", suka berteori dan cenderung tidak bersosialisasi, sangat pendendam

== KOMBINASI ==

KOLERIS-SANGUINIS

Artinya kedua watak itu dominan sekali dalam mempengaruhi cara kerja dan pola hubungannya dengan orang lain. Di sekitar kita banyak sekali orang-orang koleris-sanguinis ini. Ia suka mengatur orang, tetapi juga senang bicara (dan mudah juga jadi pelupa).

KOLERIS - MELANKOLIS

Mungkin anda akan kurang suka bergaul dengan dia. Bicaranya dingin, kalem, baku, suka mengatur, tak mau kalah dan terasa kadang menyakitkan (walaupun sebetulnya ia tidak bermaksud begitu). Setiap jawaban anda selalu ia kejar sampai mendalam, sebab ia perfeksionis, tahu detail dan agak dingin.

Menghadapi orang koleris-melankolis, anda harus fahami saja sifatnya yang memang `begitu’ dan tingkatkan kesabaran anda. Yang penting sekarang anda tahu, bahwa ia sebetulnya juga baik, namun tampak di permukaan kadang kurang simpatik, itu saja.

PLEGMATIS-MELANKOLIS

Pembawaannya diam, tenang, tapi ingat semua yang anda katakan, akan ia pikirkan, ia analisa. Lalu saat mengambil keputusan pastilah keputusannya berdasarkan perenungan yang mendalam dan ia pikirkan matang-matang.

taken from: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10187794

29 comments:

Anonim mengatakan...

mo nanya utk kombinasi antara kepribadian plegmatis dan sangunis kok ga ada penjelasannya ya?

Abraham mengatakan...

karena plegmatis bertentangan dengan sanguin... biasanya orang plegmatis kan cinta damai pendiam...sedangkan orang sanguin orangnya g bisa diem, n aktif trus..=D

Anonim mengatakan...

akuuu masuk koleris melankolis..... kalo masalah paangan hidup cocok dengan orang seperti apa ya?????

Abraham mengatakan...

Halo Anonim..:) Kalo masalah pasangan hidup dalam tangan Tuhan hehe...
Saya pernah pinjam buku teman tentang Sifat2 manusia diatas, and saya juga Koleris Melankolis,, Jujur karena saya orangnya gak banyak bicara apalagi dengan orang yang baru kenal (kecuali dengan orang yang sangat2 akrab ex: keluarga, teman dekat hehe)
saya lebih prefer ke wanita yang "Sanguinis (bawaannya ceria terus)" tapi tetap bertanggung jawab dan setia... itu saja kalo saya.. saran saya carilah seseorang yang bisa melengkapi kekuranganmu, kalo kamu orangnya pendiam cari yang agak cerewet, hehe :P Gud luck ya

debby shannon mengatakan...

Trus klo yg plegmatis-koleris gmn yah?

Abraham mengatakan...

Plegmatis - Koleris? Saya rasa agak bertentangan ...karena seorang plegmatis = follower sedangkan koleris = trendsetter/ leader.

Saya rasa teman2 sekalian yang membaca dan mencoba tes diatas keliru ya (_ _") sebenarnya tiap nomer itu hanya boleh ada angka 1, 2, 3, 4.
Jadi tidak ada angka yang double. contoh:
no 1.
a) 4
b) 3 XXXXXXXXXXXXX
c) 3XXXXXXXXXXXXXXX
d) 2

hal itu tidak boleh ^^ Sekian.. semoga bermanfaat dan menambah ilmu

education-news-tutorial-vidio mengatakan...

kalau ekstrovert itu (sanguin dan melankolis) dan introvert (melankolis dan plekmatis) sebaiknya mengenai pasangan hidup, orang yang ekstrovert itu menikahnya dengan orang introvert, begitulah sebaliknya juga.

debby shannon mengatakan...

Mmm..ic ic...
Thx bwt penjelasannya yah... ;)

Abraham mengatakan...

@stefen londa
Yap... jadi saling melengkapi, thanks for the nice comment

@Debby Shannon
Sure, anytime :)

Anonim mengatakan...

hmm , saya kurang ngerti , misalnya di nomor 1 saya memilih dobel c dan d , karna saya sangat ragu , mana yang harus di pilih di antara c dan d itu , karna sifat dominan yang paling inti pada saya adalah keraguan , apa itu bisa ? , kalau di dsatukan akan jadi :
a] 1, ...
b] ...
c] ...
d] 1, ...
apa seperti di atas itu bisa ?
mohon bantuannya , maaf , kalu soal2 seperti itu , saya lambat menerima'a . .

Anonim mengatakan...

wah , aq masuk dalam kombinasi karakter plegmatis-melankolis , kalau gak salah aq ngitungnya gini :
a] = 5
b] = 6
c] = 1, 3, 5, 7, 8
d] = 1, 2, 4, 7
dan hasilnya gini :
c dan d adalah kombinasi karakter ; dan
a dan b adalah karakter dominan .
apa bener gitu cara nya ?

Anonim mengatakan...

saya sudah pernah mencoba tes seperti ini dimana-mana..
dan hasilnya dominan koleris dan diikuti oleh plegmatis..
sedangkan sifat kedua itu bertentangan.. saya jadi bingung.
apakah ini bisa terjadi?

Abraham mengatakan...

@Mika!l Id
Wah..tidak bisa,, anda harus menentukan pilihan itu,, kalau anda memang pilihan 'a' paling tidak mengena pada diri anda silahkan beri nilai 1 saja. dan 'b' diberi nilai 2 atau sebaliknya. :D

@Habibi de Cloudz FB
Silahkan ditotal nilainya untuk tiap opsi (a, b, c, dan d)
contoh yang paling banyak adalah d (karakter dominan anda melankolis) dan yang paling banyak kedua adalah c (maka karakter kombinasi anda plegmatis)
kesimpulannya anda orang yang melankolis-plegmatis, tapi lebih condong ke 'melankolisnya' daripada plegmatis. hehe semoga dimengerti

@Anonim
really? padahal keduanya bertentangan saya rasa, seperti yang saya jelaskan di komentar2 diatas

vhe mengatakan...

Eh,no.1,nilai'e: a:4,b:2,c:3,d:1, tp no.2, nilai'e: a:3,b:1,c:4,d:2
Kok nilai 1&2 beda yahh,,
Trus klo nilai yang ke-3-8 itu gmn??
Msh kurang ngerti dech,,

Unknown mengatakan...

PHLEGMATIS-SANGUN

Anonim mengatakan...

Saya dapat Koleris-Sanguinis dari tes ini, tapi jika dilihat secara ciri-ciri, Melankolis juga saya termasuk. Jadi bingung

Abraham mengatakan...

@Vhe g masalah beda... kemungkinan karakter anda campuran antara (a) dan (c) Koleris Plegmatis,,,
Selesaikan saja...

@Novita Sari ??? wow really?

@anonim walaupun anda Koleris-Sanguinis bukan berarti 100% hanya diisi oleh kedua sifat itu, tapi ada beberapa persen (kecil) melankolis...

@All Reader.. Kata teman saya yang notabene kuliah jurusan psikologi, sifat manusia pada dasarnya tidak sesempit ini, tidak bisa digolong (Koleris, Melankolis dst) ataupun golongan darah. Katanya sih benar2 kompleks :)

perkofashion dot com mengatakan...

Tipe karakter seperti apakah yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam tes psikologis. Saya dengan tipe koleris sanguin sepertinya memang tidak cocok bekerja dalam sebuah perusahaan? bagaimana menurut pendapat bapak?

Abraham mengatakan...

Saya rasa tiap karakter punya kelebihan, jadi tiap karakter bisa untuk masuk perusahaan. seorang teman saya adalah koleris sanguinis dan tapi dia sukses kerja di perusahaan. Jangan kuatir, yang penting kita mau memberi yang terbaik! :)

Anonim mengatakan...

saya sanguins-phlegmatis, kog gak ada?

qqkamil mengatakan...

Gan, usul nih. Tes Kepribadian-nya diambil dari sumber utama aja yaitu Personality Plus - Littauer Florence. Tesnya ada 40 butir, menganalisa Strength dan Weaknesses. Biar validitas hasilnya sudah terjamin. Instrumen-nya juga sudah dipakai di seleksi2 perusahaan dan Bimbingan Konseling sekolah.

Unknown mengatakan...

Izin untuk nge-share yaaa :)

Bilal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
DAZE mengatakan...

Koleris-melankolis

kok penjelasannya nusuk banget tapi bener :')

bredmart mengatakan...

Saya juga mau ikut coba ah. Biar tahu tipe kepribadian saya yang mana ya

Tri Ananda Adipranoto mengatakan...

numpang share ya gan
trianandaadip.blogspot.co.id

Intan aura mengatakan...

Menurut saya, plagmetis-sanguinis itu kepribadian pelengkap. Tetapi kenapa disitu tidak dicantumkan. Sanguinis itu berkebalikannya dengan melankolis, karena plagmetis itu juga menikmati hubungannya dengan orang lain

Unknown mengatakan...

Kalau melan-sanguins..??

Unknown mengatakan...

Pas seperti karakter saya..

Posting Komentar

Your Comment is So Valuable for Me
Komentar anda begitu berharga bagi saya ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Plipeo