Senin, 16 Januari 2012

PERGAULAN YANG BAIK MERUBAH KEBIASAAN BURUK


Etika pergaulan adalah bagian dari hidup kita dalam bermasyarakat. Sehingga seakan-akan hidup kita dibatasi oleh suatu jaringan norma berupa larangan, ketentuan, kewajiban, dan sebagainya. Sekarang yang menjadi bahan pertanyaan dengan norma apakah kita memikirkan etika pergaulan kita, karena etika sendiri merupakan penyelidikan filsafat tentang bidang moral, mengenai kewajiban manusia serta tentang yang baik dan yang buruk.


Etika dalam Alkitab menitik beratkan bukan hanya pada ekspresi lahiriah, melainkan juga pada “ pikiran dalam hati”, motivasi, perasaan, imajinasi, dan sebagainya. Etika sendiri tidak mempersoalkan “apa” atau “siapa” manusia itu, tetapi bagaimana manusia seharusnya bertindak atau berbuat. Etika adalah pertimbangan tingkah laku yang harus bertanggung jawab terhadap Allah dan manusia, bagaimana kita berbuat dan bertindak menurut Firman Tuhan.
Tips untuk pergaulan yang sehat
  1. Jangan mudah tergoda atau Rayuan  yang seringkali membuat kita menjadi tergoda dan Tidak usah mengikuti kebiasaan teman – teman yang jelek.
  2. Pikirkan akibatnya. Ini penting. Kamu harus bisa mengenal bahayanya pergaulan bebas. Sangat Rugi dalam hal jasmani dan rohani.
  3. Jaga jarak dengan lawan jenis sebelum segalanya kebablasan menjadi hubungan dosa. Dan jaga kekudusan.
  4. Tidak usah terlalu risau dengan perasaan orang lain. Kalo kamu nggak nyaman dengan perbuatan teman kamu, katakan"Tidak! atau “Hentikan dengan jelas dan tegas.
  5. Lebih banyak bergaul dengan mereka yang mengerti Firman Tuhan atau yang benar – benar dewasa mengenai pergaulan yang baik dan yang buruk. Jangan terlampau erat dgn teman – teman yang kepribadian dan kelakuannya tidak bagus untuk dicontoh karena tanpa sadar kita nanti akan terbawa arus.
Kita sebagai anak Tuhan harus membawa arusnya Tuhan Yesus kepada teman – teman kita dan yang paling terpenting kita bisa menjadi contoh dan teladan

sumber: HM Ministry

0 comments:

Posting Komentar

Your Comment is So Valuable for Me
Komentar anda begitu berharga bagi saya ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Plipeo